Hamilton Start Terdepan GP Malaysia, Vettel Menempel Ketat

Sepang, KompasOtomotif - Lewis Hamilton, kembali meraih posisi terhormat di sesi kualifikasi GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu (29/3/2014). Pebalap Mercedes GP tersebut terus memperlihatkan kepiawaiannya di lintasan basah dengan menorehkan 1 menit 59,431 detik. Sementara Sebastian Vettel dari Tim Red Bull, juga mulai memperlihatkan kemajuan dengan menguntit di belakangnya yang hanya terpaut 0,055 detik. Sedangkan Rosberg, juara GP Australia harus puas di posisi ketiga.

Waktu pengambilan waktu sempat diundur karena hujan yang turun sangat deras. Selain banyaknya genangan di trek, jarak pandang juga cukup pendek dan dianggap bisa membahayakan para pebalap. Setelah mundur 45 menit, hujan pun mereda dan akhirnya lampu hijau menyala sebagai tanda dimulainya kualifikasi.

Q1
Hamilton jadi pebalap pertama yang masuk lap menggunakan ban basah diikuti rekan setimnya di Mercedes F1, yakni Rosberg. Rosberg berhasil bercokol di posisi teratas di lap awal dengan catatan 1 menit 57,189 detik. Diikuti di belakangnya Hamilton yang lebih lambat 0,019 detik. Posisi tersebut bertahan hingga akhir sesi Q1.

Tempat ketiga diraih Vettel pada 3 menit jelang sesi kualifikasi berakhir dengan waktu lebih lambat 0,471 dari Rosberg. Tepat 30 detik sebelum berakhir Ericsson melintir, lalu menabrak dinding pengaman, dan kembali ke tengah lintasan dalam kondisi mobil rusak. Akibat insiden tersebut bendera merah pun dikibarkan tanda berakhirnya sesi kualifikasi pertama.

Q2
Hujan masih mengguyur saat sesi kedua dimulai. Saat 3 menit berlangsung Alonso bertabrakan dengan Kvyat yang menyebabkan beberapa bagian mobil tercecer di tikungan, termasuk komponen suspensi depan sebelah kiri milik Alonso yang rusak parah. Akibatnya kualifikasi dihentikan sementara agar lintasan kembali "steril". Pengawas perlombaan pun melakukan investigasi atas kejadian tersebut.

Hamilton kembali menjadi yang tercepat dengan mencatatkan waktu 1 menit 59,041 detik. Di posisi kedua ada Vettel dengan waktu lebih lambat 0,358 detik. Rosberg harus puas di posisi ketiga dengan catatan lebih lambat 0,404 detik dari Hamilton.

Q3
Raikkonen mengawali sesi ketiga dalam kondisi trek yang masih basah. Baru sekali melakukan putaran pengambilan waktu, Hamilton langsung merangsek ke posisi teratas dengan waktu 1 menit 59,431 detik. Vettel bertengger di posisi kedua dan Rosberg berhasil menggeser Alonso di tempat ketiga di lap terakhir sebelum usai.

Related Posts:

0 Response to "Hamilton Start Terdepan GP Malaysia, Vettel Menempel Ketat"

Poskan Komentar