Fiat Beli MV Agusta?

Turin, KompasOtomotif – Fiat Chrysler Automobiles NV ditengarai berencana mengakuisisi produsen sepeda motor, MV Agusta S.p.A.. Rumor ini pertama dipublikasikan oleh media Italia, Moto.it, yangmenangkap gelagat beberapa hari setelah pengumuman kerja sama pebalap Yamaha Movistar, Jorge Lorenzo dengan Alfa Romeo (salah satu brand milik Fiat), di Turin.
Nama Fiat keluar dari permukaan karena memiliki nilai kedekatan, grup raksasa perusahaan otomotif ini berasal dari satu negara yang sama, Italia. Kantor pusat Fiat di Turin hanya berjarak 150 km dari markas MV Agusta di Varese.
MV Agusta memang butuh dana segar untuk operasional. Induk merek Cagiva ini perlu suntikan energi buat memecut penjualan dan memasuki segmen pasar baru di luar model yang sudah ada. Saat ini MV Agusta memiliki 5 model, yaitu F3, Brutale, Rivale, Turismo Veloce, dan Dragster.
Hingga 2014, kondisi finansial tak kunjung membaik. Tahun lalu, Claudio Castiglioni, CEO MV Augusta, bahkan pernah mengungkapkan, jika terus begini maka kemungkinan pada 2016, MV Agusta akan memulai IPO alias menjual saham umum kepada investor. Tapi dengan kondisi ekonomi tertatih-tatih, sulit menemukan pembeli yang berani ambil resiko.
Bila diakuisisi, keuntungan bagi MV Agusta tentu kestabilan bisnis sekaligus mengamankan masa depan. Namun beberapa analis otomotif memprediksi tidak ada keuntungan sama sekali buat Fiat, sama seperti ketika Audi membeli Ducati Motor Holding.
Masih banyak pertanyaan yang perlu dijawab, hingga saat ini kedua pihak masih menutup pintu informasi rapat-rapat.

Related Posts:

0 Response to "Fiat Beli MV Agusta?"

Posting Komentar