BMW Mendesain MRT buat Malaysia

Kuala Lumpur, KompasOtomotif - Malaysia saat ini menjadi sorotan dunia. Paling besar dan paling jadi perhatian adalah hilangnya pesawat Malaysia Airlines, MH370, yang hingga kini belum jelas nasibnya. Kedua adalah perhelatan balap jet darat yang digelar di Sirkuit Sepang, akhir pekan lalu (30/3/2014). Kali ini pemberitaan datang dari sektor angkutan umum, yakni pengerjaan sistem baru kereta bawah tanah (subway) di Kuala Lumpur. Uniknya proses desain tersebut melibatkan merek produsen mobil, BMW.

Dikabarkan, selain memproduksi kendaraan bermotor, merek asal Jerman tersebut juga memiliki bisnis di bidang penerbangan, bisnis transportasi -utamanya subway- yang ditangani oleh Designworks USA, jaringan studio desain yang berada di bawah payung BMW Group.

Desain kereta dirancang oleh BMW DesignworksUSA berdasarkan sistem Metro Inspiro yang direkayasa oleh Siemens. Proyek tersebut akan dibangun di Malaysia yang melibatkan konstruktor lokal, Mass Rapid Transit Corporation Sdn Bhd.

Kereta tersebut, pada bagian depan dan belakang menggunakan lampu LED, warna pintu yang kontras yang didesain pula untuk penumpang yang menggunakan kursi roda dan disabilitas. Lingkar roda menggunakan ukuran lebih besar agar tidak terlalu berisik saat melaju. Produk tersebut punya masa pakai hingga 30 tahun dan diklaim 95 persen material yang dipakai bisa didaur ulang.

Related Posts:

0 Response to " BMW Mendesain MRT buat Malaysia"

Poskan Komentar